Persiapan Pra Presentasi

Magelang, 4 Februari 2014 – Menindaklanjuti interuksi Kepala Bidang Keperawatan dari pihak Rumah Sakit Jiwa Prof.Dr. Soerojo magelang,  agar praktikan Mahasiswa Keperawatan Semester VII Stikes Madani Yogyakarta melakukan presentasi kasus sebagai wujud laporan akhir stase Keperawatan Jiwa. Presentasi kasus tersebut dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 4 Februari 2014 pada pukul 11.00 WIB di ruang diklat utama ujar Pak Edi.
Menjelang hari-H, ketua kelas Iqbal Sadjali Jayusman telah mengumpulkan beberapa Mahasiswa Keperawatan Semester VII serta memberikan ultimatum agar mempersiapkan diri  dari segala aspek seperti persiapan moderator, presentator, operator, makalah, konsumsi serta peralatan untuk sebagai dokumentasi menjelang presentasi kasus yang menegangkan ini.

“Persiapan kita cukup lumayan matang, ini bukan presentasi kasus yang pertama tapi yang ke 7 kalinya. Kita juga akan berusaha menampilkan yang terbaik demi menjaga nama baik almamater walaupun tidak ada dosen pembimbing akademik yang akan hadir nanti dikarenakan berhalangan” demikian ucapan dari Khoiruzzaman selaku ketua pelaksana prsenetasi kasus yang merangkap sebagai operator disela-sela percakapan dengan rekan-rekannya.

Tepat pada pukul 11.00 WIB sebagai moderator yang mengendalikan jalannya acara presentasi kasus dipercayakan kepada Dihan Fauqi, Khoiruzzaman sebagai operator, Yusuf praba rahman, Grandis Habiburrohman sebagai presentator, Syaharuddin sebagai notulen, Sadam Sopiansah, Fahmi Khoirudin,Solahudinsebagai nara sumber dan Arifuddin sebagai dokumentasi kegiatan.

Presentasi pertama oleh Yusuf Praba Rahman

Presentasi ke-2 oleh Grandis Habiburrohman

“Asuhan keperawatan pada Tn.S dengan diagnosa medis F.20.3 (Skizofrenia tak terinci) di ruang Harjuna (P 11) RSJ Prof. Dr. Seorojo Magelang” begitulah tulisan judul asuhan keperawatan yang ditampilkan di slide. Dalam asuhan keperawatan yang telah dipresentasikan terdapat beberapa diagnosa diantaranya Resiko Prilaku Kekerasan dan Gangguan Persepsi Sensori : Halusinasi.

Julijanto, S.Kep selaku CI pembimbing lahan bangsal Puntadewa (P 1) mengatakan “melihat presentasi kasus dan asuhan keperawatan yang sudah dilaksanakan secara keseluruhan mendapatkan nilai baik. Sebagai masukan untuk ke depannya agar alamat pasien tidak usah terlalu detail mengingat privasi pasien yang harus tetap terjaga serta kedepannya lebih mendalam lagi dalam proses pengkajian asuhan keperawatan agar bisa menemukan masalah-masalah yang ada pada pasien serta melakukan implementasi yang sesuai dengan keadaan pasien” ujar beliau.

Evaluasi dari Pak Julijanto, S.Kep

Bambang Pratikno, S.Kep., M.Kes perwakilan undangan dari pihak diklat RSJ juga ikut hadir dalam presentasi kasus ini juga mengungkapkan “presentasi kasus ini secara keseluruhan sudah bagus, beliau juga manambahkan masukan untuk mederator, presentator, notulen, operator perlu ditingkatkan lagi. Untuk kedepannya agar lebih perdalami pengetahuan tentang keperawatan jiwa agar teori yang sudah didapatkan bisa diaplikasikan dengan baik dan benar ketika dilapangan” ungkap beliau yang juga selaku dosen Keperawatan Dewasa III (Keperawatan Jiwa) di STIKes Madani Yogyakarta.

Evaluasi dari Pak Bambang Pratikno, S.Kep., M.Kes

 

 Melalui akun twitter resmi @HimikaSMY yang dikelola oleh admin juga memberikan kicauan live twitt terkait jalannya presentasi kasus. Melalui jejaringan sosial media beberapa mahasiswa juga mempublish kata-kata memuaskan akan jalannya presentasi kasus, mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan di lapangan serta merasa senang bisa pratik di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo magelang.

Presentasi kasus yang berdurasi 70 menit ini diakhiri dengan mencicipi konsumsi yang telah dibagikan oleh panitia serta foto bersama

Pengirim : Arifuddin | @gomeeezzz
Foto By : @gomeeezzz
Jurusan : Keperawatan
Kategori : Persentasi, Berita Acara Keperawatan