Hari ini tepatnya Jum’at, 11 Oktober 2013 Pukul 14.00 WIB telah dilaksanakan Acara Penutupan Panitia PPS dan Baksos STIKes Madani Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Alhamdulillah acara yang bertempat di Rumah Makan Mataram Indah Km 07 Baguntapan, Bantul, Yogyakarta dihadiri oleh sekitar 50 orang yang kesemuanya gabungan dari anggota Panitia PPS dan Baksos beserta Ketua STIKes MADANI Yogyakarta yaitu Bapak Darmasta Maulana, S.Kep., M.Kes dan para staf karyawan dosen.

Di awal acara setelah acara di buka yang dipimpin oleh pembawa acara Saudara Irsyad Zaky Ramadhan, selanjutnya sambutan dari Ketua PPS 2013 yaitu saya sendiri. Begitu banyak kata yang ingin saya sampaikan, tetapi karena keterbatasan waktu akhirnya hanya beberapa poin penting saja yang dapat saya sampaikan.

Terlalu banyak pelajaran penting yang bisa saya petik hasilnya dari semua pengalaman ini, dari yang sebelumnya tidak pernah terfikir akan menjadi Ketua PPS tahun ini hingga akhirnya pada hari ini mampu melaksanakan dan mempertanggungjawabkannya dengan baik dan maksimal. Sebelumnya saya jelaskan maksud dan tujuan dari acara penutuoan panitia ini, karena di tahun-tahun sebelumnya memang belum pernah ada yang demikian, mungkin hanya acara seremonial di dalam ruangan dan semuanya hanya sebatas kegiatan formal.

Pertamakalinya saya atas nama Panitia PPS 2013 mengucapkan banyak terimakasih kepada instansi ataupun kepada para Bapak/Ibu dosen yang telah turut andil dan mendukung sepenuhnya dalam acara ini, juga atas nama pribadi saya sangat berterimakasih kepada segenap jajaran formatur/panitia PPS 2013 atas segala keluangan waktunya, fikiran dan tenaganya hingga acara ini benar-benar dapat berjalan dengan lancar.

Kedua kalinya atas nama pribadi dan panitia saya memohon maaf apabila dari awal hingga akhir masih banyak kekurangan juga kekeliruan baik yang kecil ataupun yang besar, yang disengaja ataupun tidak disengaja. Terutama saya memohon maaf kepada segenap panitia PPS dimana mugkin banyak kesalahn baik dalam pengambilan keputusan, pemberian kebijakan ataupun dalam pemberian sebuah punishment (hukuman) disaat acara/kegiatan ini berjalan, kesemuanya itu semata-mata bukan karena saya sebagai seorang ketua yang bisa bertindak sesuka hatinya sendiri apalagi kesombongan, tetapi yang kesemuanya itu karena tanggungjawab bersama dan yang paling besar tanggungjawabnya pada acara ini adalah ketua. Oleh karena itu, saya bertindak bukan tanpa alasan tetapi ada maksud agar teman-teman semua nantinya mengerti bagaimana suaranya di dengar dan belajar menghargai orang lain sehingga acara ini dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya hingga akhir.

Yang terakhir, adalah harapan saya semoga kedepannya di tahun-tahun selajutnya kegiatan ini dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik dari tahun sekarang.

Seperti yang saya katakan di awal, begitu banyak hal baru, ilmu baru dan pengalaman baru yang bisa saya dapatkan dari kegiatan ini. Diantaranya adalah “Waktu”, ya kenapa..? Karena sebaik-baiknya sebuah pengaturan atau menejemen akan berjalan semua tidak lepas dari kata “Waktu”, selalu tepaat waktu, bagaimana menaksir acara akan berjalan dengan pertimbangan waktu jauh hari bahkan berbulan sebelumnya, kesemuanya itutidak lepas dari bagaimana seorang pemimpin dapat memenej waktu dengan benar-benar tepat atas segala pertimbangan dengan hal-hal lain yang mungkin saja akan selalu berubah. Mengambil sebuah keputusan itu tidak semudah seperti kita mengacungkan jari telunjuk ke arah mana kita maksud maka dengan mudah kita bisa langsung mengimplementasikannya, tetapi dibelakang itu semua butuh kematangan fikiran, mental dan waktu. Beikutnya adalah “Tegas”, seorang pemimpin terlihat tidak akan berwibawa ataupun dihargai oleh anggotanya apabila dia tidak bisa tegas dalam mengambil keputusan, memberikan sebuah prosedur bahkan menegakkan/mempertahankan peraturan yang telah dibuatnya di depan setiap anggotanya.

Saya ingat perkataan seorang Ulama Besar bahwasannya “Kesuksesan ataupun keberhasilan tidak akan didapatkan bagi siapa saja hanya dengna jiwa yang malas, dan santai”. “Kesuksesan dan keberhasilan seseorang tidaklah dinilai dari seberapa kita lebih baik dari orang lain, tetapi seberapa kita lebih baik dari sebelumnya…

Okee kawan itu sebenarnya tadi yang ingin saya sampaikan, namun memang terlalu panjang dan sekali lagi karena keterbatasan waktu oleh karenanya hanya hal-hal penting saja yang saya sampaikan. Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Ketua Baksos 2013 Saudara Cahyo Muif, beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya ucapan terimakasih kepada para staf karyawan dosen serta kepada segenap anggota panitia baksos karena teah meluangkan waktu, fikiran serta tenaganya sehingga acara baksos ini dapat berjalan dengan lancar. Beliau menyampaikan harapannya kedepan semoga bisa menjadi lebih baik lagi dari hari ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua STIKes Madani yaitu Bapak darmasta Maulana S.Kep., M.Kes, beliau menyapaikan beberapa hal terkait kemajuan BEM dari tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang. Beliau sangat menghargai hasil kerja keras para panitia baik PPS maupun Baksos pada tahun ini bisa lebih baik dengan yang  sebelumnya. Beliau memberikan masukan terkait usia BEM itu sendiri yang sekarang diibaratkan seperti Bayi Batita (Di bawah tiga tahun) seiring dengan berdirinya Institusi Madani ini sendiri harus selalu mengevaluasi segala hal yang terkait kegiatan di Civitas Akademika dengan berbagai acara seperti yang telah dilaksanakan pada waktu lalu Sarasehan yang diselenggarakan oleh BEM. Ini juga sebagai bentuk kontroler dari mahasiwa sehingga birokrasi kampus ini selalu ada evaluasi dan perbaikan

Selanjutnya, sambutan dari perwakilan Ketua PPS Dosen dan Dosen Ikhwan yang diwakilkan oleh Bapak Yudha Permana S.T., M.T. Beliau sangat-sangat memberikan apreciate (penghargaan) yang besar pada acara/kegiatan yang telah dilakukan baik dari PPS maupun Baksos Tahun Ajaran 2013-2014. Beliau menyampaikan dari cara hari ini janganlan dinilai dari seberapa mewahnya tetapi satu hal yang perlu dirasakan adalah acara initinya, juga menyampaikan buat kami jangan berbangga hati dulu dengan apa yang telah dicapai pada saat ini, karena hakikatnya walaupun kita sudah di luar organisasi baik BEM dan sebagainya kami tetap mempunyai tanggungjawab yang besar kepada adik-adik tingkatnya semua.

Selanjutnya sambutan perwakilan dari dosen akhwat oleh Ibu Monik S.Far yang kesemuanya hampir sama dengan yang disampainkan oleh Bapak Yudha Juga tambahan bahwasannya dengan berorganisasi kita bisa memiliki kesempatan belajar yang lebih dibanding dengan mahasiwa-mahasiswa yang lain yang hanya mangikuti kuliah, praktikum dsb, ini adalah nilai lebih buat kami semua. Dari belajar organisasi kita bisa memahami bagaimana menghadapi berbagai macam karakter yang berbeda dengan kita. Kita harus tunjukkan kepada semua orang jika memang kampus kita berbeda dengan yang lain.

Berhubung waktu sudah masuk Sholat Ashar, lebih afdhol jika sebaiknya kita sholat dulu nanti beru kemudian dilanjutkan kembali. Akhirnya 15 menit berlalu, setelah sholat langsung dilanjutkan dengnan acara makan-makan. Dengan pilihan menu yang cukup “Waaahhhh Beeuud” hehe, tanpa toleransi akhirnya langsung makan-makan.. 😀

Hingga pukul +/- 16.30 WIB, alhamdulillah selesai juga dalam memanjakan perutnya. Kemudian di lanjutkan acara pra kata dari perwakilan ikhwan dan akhwat masing-masing satu orang dari ikhwan diwakilkan oleh Saudara Ainul Rafiq (*Sekretaris PPS, beliau menyampaikan beberapa hal masukan terkait dengan PPS dan Baksos. Waktu berlalu 5 menit kemudian giliran dari akhwat yang di wakilkan oleh Saudara Nurul Kamilah (*Wakil Ketua PPS. Dan terakhir acara di evaluasi sekaligus di tutup oleh Bapak Darmasta Maulana S.Kep., M.Kes selaku Ketua STIKes MADANI Yogyakarta..

Alhamdulillah, oke guys itu tadi ringkasan hasil Acara Penutupan Panitia PPS dan Baksos 2013 pada hari ini, walaupun sebenarnya itu hanya sedikit yang masih dapat saya ingat,,,

Semoga Bermanfaat . . . (^_^)!”..

Thanks buat semua teman-teman Panitia PPS dan Baksos 2013 😉

Yogyakarta, Jum’at 11 Oktober 2013, Pukul 22.57 WIB
Kamar Bahasa Inggris

Pengirim : Satya P L
NIM : –
Jurusan : Keperawatan
Kategori : PPS 2013, Acara