Penulis : Panitia MTQMM 1

Fastabiqul Khoirot !

Dentuman suara bergemuruh di belahan Indonesia bagian Yogyakarta, Bantul, Kampus STIKes Madani Yogyakarta.

Jumat, lima belas mei dua ribu lima belas. Hari libur mahasiswa madani yang berubah menjadi hari mujur. Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Madani 1 yang kemudian disingkat menjadi MTQMM 1.  Mengapa di ujung tema kegiatan ini terdapat angka 1? Karena sangat tersimpan harapan bahwa kegiatan ini akan berlanjut sampai masa yang akan datang, berlanjut hingga angka-angka terbesar. Puluhan bahkan ratusan.

Kegiatan MTQMM 1 ini dilaksanakan di kampus tercinta tepatnya di aula dan masjid utama kampus STIKes Madani Yogyakarta.  Kegiatan ini dibentuk dengan tujuan memfasilitasi mahasiswa STIKes Madani Yogyakarta dalam memurajaah hafalan-hafalan quran dan sebagai mediator penyalur bakat bakat tersembunyi para mahasiswa dan mahasiswi madani. Kegiatan ini memiliki beragam kategori seperti Tartil Quran, Hifdzil Quran 1 juz, 5 juz, 10 juz, Khottil quran, Syarhil quran, Fahmil quran, dan Debat umum Bahasa inggris.

Sungguh betapa terharunya kami sebagai panitia pelaksana karena antusias mahasiswa sangat tinggi dengan kegiatan MTQMM 1 ini. Karena ada beberapa mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti kegiatan ini dalam banyak kategori. Kegiatan MTQMM 1 dimulai pada pukul 06:30 dengan diawali persiapan para panitia muda. Acara dimulai pada pukul 08:00 WIB  dengan dipandu oleh 2 orang master of ceremony berbudi, kemudian dilanjutkan oleh sambutan-sambutan hangat yang diberikan oleh bapak Darmasta Maulana, S.Kep., M.Kes selaku ketua STIKes Madani Yogyakarta dan bapak Ngaji Babar, S.T selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan.

Waktu telah menunjukkan pukul 08:30 dan para juri pun telah terlihat dan bersiap untuk memasuki ruangan lomba masing masing. Lomba dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama 08:30-11:30 lomba debat umum Bahasa inggris, tartil quran, khottil quran, dan syarhil quran. Sesi kedua 13:00-15:00 lomba hifdzil quran 1,5, dan 10 Juz serta lanjut debat umum Bahasa inggris. Sesi ketiga pukul 15:30-17:00 lomba fahmil quran. Para peserta pun sangat bersemangat untuk bertempur dengan soal-soal yang telah disiapkan panitia dan juri. Suasana menjadi tegang tapi tetap hangat dengan keceriaan yang memenuhi seluruh ruangan Kampus STIKes Madani. Tak kalah semangat dengan peserta dan juri, para panitiapun sangat aktif dalam mengkondisikan jalannya acara hingga akhir.

Tak terasa pukul 17:00 pun tiba dan para peserta telah berpulang ke tempat masing masing. Acara belum selesai dan masih berlanjut pada tanggal 17 Mei 2015 untuk closing acara. Closing acara dimulai pukul 08:00 WIB di masjid utama kampus STIkes Madani Yogyakarta. Tak kalah menarik dengan opening, closingpun sangat diminati oleh para peserta, waktu yang ditunggu tunggu, yang membuat jantung para peserta berdetak tak menentu, karena adanya segudang hadiah yang telah disediakan panitia untuk peserta yang mujur. Dengan berpindahnya hadiah ke tangan para peserta yang berhasil, itu menandakan bahwa acara MTQMM 1 telah selesai.

Para peserta yang berhasil pada acara MTQMM 1 tingkat kampus ini insyaAlloh akan mendapatkan bimbingan kembali dari pembimbing handal dan akan diikutsertakan pada lomba MTQ tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia bulan agustus mendatang.

Akhirnya, dengan semangat 86 para panitia Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Madani yang hanya berjumlah 23 orang yang diketuai oleh saudara Irsyad Zaki Ramadhan dan 8 juri, serta tak luput dari bantuan pihak kampus terutama bapak Darmasta Maulana, S.Kep., M.Kes selaku ketua STIKes Madani, berhasil menyelesaikan misi bersama yaitu melaksanakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Madani 1.

Sekian.

MTQMM 1 – Fastabiqul Khoirot – Muda Mulia, Muda Cendekia – Madani Qurani