Berangkat dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat” (HR. Muslim)

Serta merespon Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan, “Setiap lima detik ada satu orang yang menderita kebutaan, dan setiap lima menit ada seorang anak menderita kebutaan di dunia kita ini” maka Al Basar International Foundation dari Arab Saudi bekerjasama dengan Lajnah Khairiyah Asia Tenggara dan Lajnah Khairiyah Musytarakah Jakarta akan melaksanakan bakti sosial gratis untuk mengobati pasien penyakit mata dan memberikan amanah kepada STIKes Madani Yogyakarta sebagai penyelengara kegiatan bakti sosial tersebut.

Bakti Sosial ini dalam bentuk Operasi Katarak dan Bagi-bagi Kaca Mata gratis yang pelaksanaan kegiatannya di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy yang berlokasi di Godean Sleman Yogyakarta sebagaimana arahan dari Yayasan At-Turots Al-Islamy Yogyakarta.

Bakti Sosial ini dilaksanakan 2 hari yaitu pada:

I. SCREENING MATA (PRA OPERASI & KACAMATA)
Hari/Tanggal: Sabtu, 08 Oktober 2016

II. OPERASI KATARAK
Hari/Tanggal: Ahad, 09 Oktober 2016

Alhamdulillah dari target perencanaan 50 orang yang dioperasi katarak, tim penyelenggara berhasil melakukan operasi terhadap 58 pasien penyakit mata katarak. Semoga Allah menggantikan amal ini dengan surga FirdausNya, Amin