Kampus stikes madani yogyakartaSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta yang telah mendapatkan SK pendirian dari menteri pendidikan nasional republik Indonesia dengan nomor : 148/D/O/2009 adalah perguruan tinggi yang spesifik menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional. Sesuai dengan tujuan dan arah pembangunan nasional bidang kesehatan, yaitu mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin pada pencapaian derajat kesehatan bangsa yang optimal agar memiliki mutu kehidupan yang tinggi, sehat jasmani dan rohani serta produktif.
Cita-cita luhur diatas harus diikuti persiapan, proses dan evaluasi pembelajaran serta sistematis dan kesinambungan yang dilakukan oleh penyelenggara pendidikan dan stakeholder lainnya. Harapannya adalah mutu lulusan menjadi insane yang berkualitas dan mampu bersaing dalam tantangan global.

Kurikulum yang disusun mengacu pada SK Mendiknas Np. 232 tahun 2000 dan SK Mendiknas No. 045 tahun 2002 dengan diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pada tahun ajaran 2009-2010 di Stikes Madani Yogyakarta diberlakukan kurikulum dengan pendekatan KBK.

  • Visi dan Misi STIKes Madani Yogyakarta

A. VISI
Menghasilkan tenaga pendidikan yang berakhlak mulia, professional, dan sanggup mendakwahkan islam sesuai Manhaj Salaf serta mampu menghadapi persaingan global pada tahun 2020.

B. MISI
1. Menyelenggarakan pendidikan islami yang inovatif dengan mengkombinasikan kurikulum nasional dan diniyah sesuai dengan perkembangan zaman.
2. Menyelenggarakan penelitian yang memiliki daya ungkit bagi pengembangan keilmuan, mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan.
3. Menyelenggarakan usaha-usaha pengabdian masyarakat dalam upaya memberikan kontribusi nyata bagi kemaslahatan umat.
4. Mengembangkan Kerjasama dengan berbagai institusi penyelenggara pelayanan kesehatan dan penyerap lulusan dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, baik local, nasional maupun internasional.

  • AZAS DAN TUJUAN PROGRAM PENDIDIKAN

1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta didirikan berdasarkan Al quran dan Assunnah.
2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta mempunyai tugas dan tanggung jawab:
a. Memberikan dan meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik yang memenuhi syarat akademik tertentu, agar mampu memberikan manfaat yang lebih besar pada pelaksanaan pembangunan masyarakat nasional.
b. Membantu meningkatkan daya tamping perguruan tinggi nasional, sehingga memberikan kesempatan lebih besar kepada lulusan sekolah menengah umum dan sederajat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilannya dalam rangka mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
c. Mengembangkan sumber daya akademik yang tersedia baik yang berasal dari dalam maupun dari luar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Madani Yogyakarta untuk kepentingan sendiri dan kepentingan masyarakat pada umumnya.
3. Secara umum tujuan Stikes Madani Yogyakarta adalah menghasilkan tenaga kesehatan professional yang terampil dan bermutu dalam jumlah yang cukup dan jenis sesuai dengan macam pekerjaan untuk pemenuhan upaya kesehatan masyarakat. Lulusan dari Program Studi ini mampu bekerja secara profesional dalam bidang pelayanan kesehatan, maupun sebagai tenaga pengajar di institusi.
4. Secara khusus program ini bertujuan untuk :
a. Mengembangkan proses belajar mengajar dibidang kesehatan.
b. Melakukan dan mengembangkan pengkajian aspek kesehatan sesuai kebutuhan.
c. Mengembangkan pengabdian masyarakat dibidang kesehatan.
d. Mengembangkan kegiatan informasi dan inovasi dalam bidang kesehatan.
e. Melakukan kerjasama dengan institusi pemerintah/swasta dan masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia.