“Tidak beriman seseorang diantaramu hingga kamu mencintai saudaramu seperti kamu mencintai dirimu sendiri (HR. Bukhari-Muslim)”.

Hadist tersebut tentunya sangat familiar di telinga kita. Yah, seperti yang kita ketahui bersama bahwa tingkatan ukhuwah islamiyah tertinggi dalam islam adalah itsar, yakni mendahulukan kepentingan teman lain di atas kepentingan pribadi. Itsar tidak muncul secara instan, namun melalui proses yang panjang. Bermula dari proses ta’aruf (saling mengenal), tafahum (saling memahami), ta’awun (saling menolong), takaful (rasa senasib sepenanggungan), dan berujung pada itsar.
Berbekal pemahaman terhadap hadist tersebut Malam Keakraban ini diselenggarakan. Pengurus asrama akhwat STIKes Madani Yogyakarta yang memainkan peran sebagai katalisator perekat ukhuwah, pada hari Sabtu, 11 Oktober 2014 menyelenggarakan Malam Keakraban berkolaborasi dengan pihak BEM akhwat STIKes Madani Yogyakarta. Tema yang diambil pada Makrab tahun ini adalah SOHIP (Story of Together and Happinest). Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua STIKes Madani Yogyakarta Bapak Darmasta Maulana, S.Kep.,M.Kes tepat pukul 19.45 WIB di masjid kampus akhwat. Dihadiri pula oleh dosen kebidanan & keperawatan STIKes Madani Yogyakarta. Makrab ini dilaksanakan sebagai rangkaian pelepasan mahasiswi yang telah wisuda pada Kamis, 16 Oktober 2014 lalu. Makrab tahun ini berlangsung dengan baik, suasana yang hangat & penuh keceriaan. Dihadiri oleh sekitar 269 peserta, yakni: 63 mahasiswi purna studi, 198 mahasiswi yang masih studi, dan 8 dari dosen & karyawan.
Acara yang diketuai oleh Karya Famfa Mea (Mahasiswi Kebidanan 2013) tersebut berlangsung kurang lebih 2,5 jam. Di samping acara inti yakni tukar kado sebagai ajang keakraban, dimeriahkan pula dengan: penobatan mahasiwa terfavorit versi penghuni asrama, mini drama oleh mahasiswa baru, pemutaran film dokumenter, serta kuis & doorprize. Makrab tersebut disambut hangat oleh berbagai pihak, baik dari mahasiswa maupun pihak STIKes Madani Yogyakarta. Meskipun masih terdapat sedikit kekurangan, namun pihak STIKes Madani memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BEM STIKes Madani Yogyakarta yang telah menyelenggarakan acara tersebut secara meriah namun tetap syar’i. Seyogyanya, ke depan akan ada lagi kegiatan serupa yang bersifat produktif dan inovatif.