Terakreditasi BAN-PT

Seorang perawat kesehatan adalah petugas kesehatan yang mempunyai peran dominan dalam membantu pasien sembuh dari penyaktit yang dideritanya. seorang perawat sebagai ujung tombak pelayanan di rumah sakit, sebagai aktor yang langsung berhadapan dengan pasien dalam waktu yang lama. Kondisi yang seperti itu menuntut totalitas seorang perawat dalam menjalankan profesinya.

Profesi keperawatan bersifat multikausal dan multidisiplin. Seorang perawat harus mampu membuat konfigurasi berbagai disiplin ilmu yang dibutuhkan dengan fakta real yang pada setiap pasien yang mempunyai kasus, latar belakang berbeda-beda (multikausal). Selain ilmu keperawatan modern, STIKes Madani Yogyakarta juga membelaki mahasiswa dengan ilmu akupresur dan akupuntur.

Laboratorium Keperawatan di STIKes Madani Yogyakarta

  1. Laboratorium KKD I, II
  2. Laboratorium KD I,II, IV
  3. Laboratorium Jiwa
  4. Laboratorium Gerontik
  5. Laboratorium Ruang Operasi
  6. Laboratorium Maternitas
  7. Laboratorium Komunitas
  8. Laboratorium Anak
  9. Laboraborium Keluarga
  10. Laboratorium Keperawatan Kritis
  11. Laboratorium KGD

VISI DAN MISI PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

  1. VISI
  • Menghasilkan perawat/ners yang berakhlakul karimah dan profesional mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional tahun 2020.
  1. MISI
  • Menyelenggarakan pendidikan yang didukung oleh input yang berkualitas, tenaga pengajar yang professional, dan fasilitas yang memadai.
  • Mengembangkan kurikulum pendidikan keperawatan dengan wawasan keislaman untuk pembentukan pribadi perawat muslim yang professional.
  • Menyelenggarakan penelitian-penelitian keperawatan dengan menggali nilai-nilai keislaman. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan sistem manajemen yang terpadu, efesien dan akuntabel.

B. KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN
1. Dasar Penyelenggaraan
Stikes Madani Yogyakarta mendapat izin operasional berdasarkan SK Mendiknas dengan No. 148 / D / O / 2009
2. Dasar Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi S1 Keperawatan STIKes Madani Yogyakarta
Kurikulum Berbasis Kompetensi disusun berdasarkan :
a. Undang-Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003, tentang Sistem pendidikan Tinggi Nasional
b. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999, tentang Pendidikan Tinggi.
c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
d. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
e. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 38/DIKTI/Kep/2002 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi.
f. Statuta STIKes Madani Yogyakarta
3. Profile Lulusan Ners STIKes Madani Yogyakarta
Lulusan dari program Studi S1 Keperawatan (Program pendidikan Ners) Stikes Madani Yogyakarta diharapkan mampu menampilkan peran sebagai seorang :
a. Care provider e. Manager
b. Community leader f. Collaborator
c. Educator g. Communicator
d. Researcher