Kapan waktu yang tepat untuk bekam?

Kapan waktu yang tepat untuk bekam?

Terapi bekam merupakan salah satu pengobatan alternatif dari Timur Tengah dan Tiongkok yang telah dipraktikkan sejak ribuan tahun silam. Jenis terapi ini sering kali digunakan untuk meredakan rasa sakit di bagian tubuh tertentu.

Terapi bekam dilakukan menggunakan cangkir khusus yang dapat menghasilkan tekanan, sehingga mampu menarik kulit dan mengeluarkan racun atau darah kotor. Cangkir tersebut biasanya diletakkan di bagian tubuh tertentu, seperti punggung, perut, lengan, bokong, atau kaki.

Menurut Hadits Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad 𝑠ℎ𝑎𝑙𝑎𝑙𝑙𝑎ℎ𝑢’𝑎𝑙𝑎𝑖ℎ𝑖𝑤𝑎𝑠𝑠𝑎𝑙𝑎𝑚 pernah bersabda kalau salah satu pengobatan terbaik untuk suatu penyakit adalah bekam. Hal ini memang sudah dilakukan sendiri oleh Rasulullah 𝑠ℎ𝑎𝑙𝑎𝑙𝑙𝑎ℎ𝑢’𝑎𝑙𝑎𝑖ℎ𝑖𝑤𝑎𝑠𝑠𝑎𝑙𝑎𝑚, di mana beliau menurut riwayat Anas bin Malik sudah pernah melakukan metode bekam untuk kesehatan.

Ada waktu terbaik untuk melakukan bekam berdasarkan hadist Rasulullah 𝑠ℎ𝑎𝑙𝑎𝑙𝑙𝑎ℎ𝑢’𝑎𝑙𝑎𝑖ℎ𝑖𝑤𝑎𝑠𝑠𝑎𝑙𝑎𝑚. Yaitu tanggal 17, 19, dan 21 setiap bulan hijriyah.

“𝐵𝑎𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑠𝑖𝑎𝑝𝑎 𝑏𝑒𝑟𝑏𝑒𝑘𝑎𝑚 𝑝𝑎𝑑𝑎 ℎ𝑎𝑟𝑖 𝑘𝑒 17, 19, 𝑑𝑎𝑛 21 (𝑏𝑢𝑙𝑎𝑛 𝐻𝑖𝑗𝑟𝑖𝑦𝑎ℎ), 𝑚𝑎𝑘𝑎 𝑖𝑎 𝑎𝑘𝑎𝑛 𝑠𝑒𝑚𝑏𝑢ℎ 𝑑𝑎𝑟𝑖 𝑠𝑒𝑔𝑎𝑙𝑎 𝑚𝑎𝑐𝑎𝑚 𝑝𝑒𝑛𝑦𝑎𝑘𝑖𝑡.” (Shahih Sunan Abu Dawud, II/732, karya Imam Al-Albani)
Namun ingat, berbekam harus ditangani oleh tenaga Ahli, tidak boleh sembarangan. Hal ini perlu dilakukkan agar tidak terjadi kesalahan atau malpraktek ketika berbekam.
Anda ingin berbekam atau praktisi bekam??? mari belajar bareng bersama kami di link berikut :

18 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami via WhatsApp