KULIAH PAKAR STIKES MADANI “Tatalaksana Komprehensif Hipertensi Pada Ibu Hamil”

KULIAH PAKAR STIKES MADANI “Tatalaksana Komprehensif Hipertensi Pada Ibu Hamil”

Tanggal Pelaksanaan    : Kamis, 14 Juli 2022

Tempat                             : Aula Bin-Baz (STIKes Madani)

Tema                                 : Tatalaksana Komprehensif Hipertensi Pada Ibu Hamil

 

Bantul, 14 Juli 2022. STIKes Madani menyelenggarakan Kuliah Pakar yang wajib dihadiri oleh seluruh mahasiswa STIKes Madani. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Bin-Baz (STIKes Madani) dengan mengusung tema : “Tatalaksana Komprehensif Hipertensi Pada Ibu Hami”. Hipertensi pada kehamilan merupakan salah satu penyebab kematian pada ibu hamil yang perlu diwaspadai karena hipertensi merupakan penyakit silent killer. Hipertensi merupakan salah satu dari 10 penyakit yang banyak dialami padatahun 2020 dan merupakan penyakit nomor 1 yang dialami penduduk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelaksanaan Kuliah Pakar diharapkan agar mahasiswa mampu memahami penatalaksanaan hipertensi pada ibu hamil sesuai bidang ahlinya, baik S 1 Keperawatan, D III Kebidanan, D III Farmasi dan Ners. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meng upgrade dan meng update ilmu pengetahuan dan clinical practice dosen sehingga dapat diaplikasikan di dalam proses pembelajaran.

Kegiatan kuliah pakar ini di isi oleh 3 Narasumber, diantaranya :

  1. Jumiati, S.SiT., Bdn., S.Pd., MM dengan materi “Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil dengan Pre Eklamsia dan Eklamsia
  2. Siti Yulaikha, S.Kep dengan materi “Asuhan Keperawatan Pada Bayi dengan Asfiksia Neonatorum”
  3. Apt. Kintoko, S.F., M.Sc dengan materi “Penatalaksanaan Kefarmasian Hipertensi Secara Medis dan Komplementer Pada Ibu Hamil”

Kegiatan  “Kuliah Pakar” ini dihadiri olehsegenap civitas akademika beserta mahasiswa dari masing masing prodi dengan total keseluruhan mahasiswa 153. Adapun rinciannya, sebagai berikut : 99 mahasiswa dari Program Studi Profesi Ners, 35 mahasiswa dari Program Studi S 1 Keperawatan, 39 mahasiswa dari Program Studi D III Kebidanan dan 29 mahasiswa dari Program Studi d III Farmasi. Seperti biasa, kegiatan kuliah pakar ini dilaksanakan secara terpisah antara ikhwan dan akhwat. Desain dibuat ada hijab yang membatasi antara tempat duduk akhwat dan ikhwan, begitupun tempat duduk narasumber yang dibuat terpisah.

Jazakumullah khoiron katsiro kami ucapkan kepada semua pihak terutama kepada Yayasan At turrots Al Islamy yang sudah mendukung penuh terselenggarannya kegiatan kuliah pakar ini. Semoga kegiatan ini dapat kami laksanakan secara continue setiap tahunnya dengan tema yan glebih  bermanfaat.

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hubungi Kami via WhatsApp