DOSA TERKAIT DENGAN LISAN

DOSA TERKAIT DENGAN LISAN

Banyak orang tahu cara menggunakan pedang, tetapi hanya sedikit yang paham cara memilih dan mengayunkannya.

Sebuah pedang dengan bahan baja terbaik dan teknik ayun yang sesuai, maka mampu menebas tempurung kura-kura sekalipun.

Sebaliknya, sebuah pedang dengan bahan kurang baik dan teknik ayun sembarang tidaklah lebih baik daripada pisau pemotong bawang.

Hal absurd lainnya, ketika sebuah pedang dengan bahan baja bagus tapi diayunkan dengan teknik yang buruk, apa yang akan terjadi? Inilah awal sebuah bencana.

Begitu juga lisan. Banyak orang pandai berbicara, tetapi hanya sedikit yang mampu menggunakan ilmu dan berbicara dengan baik.

“Setiap bani adam adalah makhluk yang banyak melakukan kesalahan. Dan sebaik-baiknya orang yang bersalah adalah mereka yang bertaubat’.”(H.R. Ibn Mâjah dan at-Tirmidzî)

“Dosa yang paling sering terjadi pada bani Adam, terkait dengan lisannya.” (HR. Thabrani).

Perkara lisan ini sungguh sangat besar akibatnya. Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya sekedar perkara dunia bahkan seringkali perkara akhirat menjadi obyek kesombongan. Lisan, begitu mudah diumbar. Dalam perbincangan keseharian maupun media sosial. Kesannya remeh, namun efeknya sangatlah besar.

Runtuhnya silaturahmi, timbulnya rasa sakit hati, pertengkaran dalam rumah tangga, hingga pada urusan unfriend, blokir, unfollow, maupun dipolisikan.

Namun, sejatinya muara yang jauh lebih mengerikan dari semuanya adalah azab atau siksa dari Allah atas kesalahan penggunaan lisan.

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (H.R. al-Bukhari).

Sering kita dengar sebuah nasihat yang senantiasa diulang-ulang.

“Berilmu dulu sebelum beramal”

Ternyata, tidak hanya amal yang butuh ilmu, berkata pun juga demikian. Setiap orang berakal hendaknya membekali dirinya dengan ilmu dulu sebelum berkata. Karena, kualitas dan dampak kata dari lisan nantinya akan menunjukkan seberapa baik ilmu kita.

Jangan sampai lisan kita yang layaknya pedang menimbulkan bencana akibat kurang ilmu dan kurang mampu menyampaikan dengan baik.

===
STIKes Madani Yogyakarta
Jl. Wonosari KM 10, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Informasi pendaftaran :

https://stikesmadani.ac.id
https://penmaru.stikesmadani.ac.id
E-mail : info@stikesmadani.ac.id
Kontak : 085803948252

=====
Program Studi

Profesi Ners
S1 Keperawatan
D3 Kebidanan
D3 Farmasi
Program Alih Jenjang D3 ke S1 Keperawatan