4 GolonganNAPZA yang Sering disalahgunakan

4 GolonganNAPZA yang Sering disalahgunakan

Apa yang Anda bayangkan mendengar kata NAPZA? Apa yang terlintas dalam benak Anda mendengar kata NARKOTIKA? NARKOBA? Keren? Gaul? Membahayakan? Mengerikan?

Pernahkah kita melihat ada orang yang tetiba menjadi kurus, mata terlihat merah, cekung atau sayu? Jalan sempoyongan? Menjadi jarang mandi? Wajah pucat dan bibir kehitaman? bisa jadi dia menjadi salah satu pecandu NARKOBA.

Dan pernahkah Anda melihat di tayangan televisi ataupun media sosial, seseorang yang berubah menjadi “ZOMBIE’ karena pemakaian narkoba?

Sejauh mana kita mengerti dan paham dengan “benda” ini?

NAPZA merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika dan zat adiktif.  Jenisnya ada berbagai macam, dan bisa jadi merupakan obat legal yang ada di apotik.

NAPZA adalah senyawa obat sehingga dapat menyebabkan reaksi dan modifikasi dari kerja tubuh, mempengaruhi fungsi organ yang terkena. Ada empat golongan , yaitu

  1. Halusinogen seperti LSD dan phencyclidine
  2. Depresan seperti diazepam, alprazolam, clonazepam dan ganja
  3. Stimulan seperti dextroamphetamine, kokain, methamphetamine (sabu) dan amphetamine, serta flakka
  4. Opioid seperti morfin dan heroin.

Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut terdapat 830 jenis narkoba baru di dunia, dimana 74 narkoba jenis baru tersebut beredar di Indonesia. Data tahun 2018, angka pengguna penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dari 13 provinsi, mencapai angka 3,2 persen atau setara 2,29 juta orang. Tersebarnya narkoba jenis baru ini tidak hanya dari kegiatan perorangan, namun tersebar darijaringan nasional dan internasional. Dan penyalahgunaan ini bukan hanya di kalangan anak-anak, dewasa dan bahkan pejabat-pejabat negara.  Subhanallah, semoga orang-orang tercinta di sekitar Anda dijauhkan dari hal buruk ini.

Mau menambah lagi pengetahuan tentang NAPZA? Ikuti terus KABAR MADANI… Mau menjaga putra putri dan orang tersayang Anda dari lingkaran jaringan yang tidak baik? Silakan bergabung dengan kami,  di PMB STIKes Madani! Insya Allah lingkungan kampus kami menjaga putra putri Anda dari rusaknya dunia

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hubungi Kami via WhatsApp